Google
 

Selasa, 16 Desember 2008

Pecinta Alam Ponorogo dan Grebeg Suro



Ponorogo
Malam satu Suro......???

Yang terbesit di sanubari sebagian besar masyarakatnya adalah "melekan" (begadang) sampe pagi. Mulai dari anak-anak sampai generasi tua, ikut serta menyemarakkan acara "malam Satu Suro" atau dikenal dengan " Grebeg Suro". apalagi ini merupakan "ritual" beberapa orang yang paham betul makna "suroan" tersebut.
Alun-alun Ponorogo saat itu pasti penuh dengan orang-orang yang berdatangan dari berbagaim penjuru Ponorogo, dan juga beberapa rombongan dari daerah di luar Ponorogo.
bagi yang ak sempat datang ke alun-alun Ponorogo biasanya mereka "ngumpul-bareng" di tempat2 yang biasa mereka jadikan tempat "nongkrong".
Ada apa disana??? tentu saja banyak sekali hiburan buat rakyat Ponorogo khususnya dan masyarakat sekitar Ponorogo. Dari sekian banyak hiburan disana yang terpopuler adalah REYOG PONOROGO (yang pernah HEBOH soalnya pernah diklaim jadi kesenian milik malingsia), karena biasanya malam grebeg suro adalah puncak dari Festival Reog Nasional. Pengen lihat??? dateng ajah... kesini, ntar tak anter ke lokasi deh....."ga pake Ongkos alias Gratis ".
Dari sekian banyak kegiatan yang mereka lakukan ternyata ada kalangan minoritas dari pemerhati "malam satu suro" yang melakukan kegiatan lain daripada yang lain. Siapa dia??? mereka adalah para pendaki gunung.
Beberapa kelompok pecinta gunung ini mulai mempersiapkan diri untuk acara "ngumpul bareng di gunung" sudah sejak lama. Mereka rela meninggalkan aktifias keseharian demi bisa memperingati Tahun Baru Hijriah di tempat kebanggaan mereka.
kalo di Ponorogo biasanya mereka ke Pringgitan, Khayangan, dan beberapa yang cukup duit biasanya ke Lawu, Semeru, dan tempat-tempat lain (gunung) bersama kelompoknya masing-masing.
Lalu, bagaimana dengan kalian...??? tentunya sudah ada dong rencana untuk mengisi 1 Suro....???
Dan yang lebih pasti sukses selalu GS2008

2 komentar:

Anonim mengatakan...

iki pothone reog ngendi kek.....?????

Anonim mengatakan...

bravo garuda pala....walau dah lama gk ke basecamp tapi hatiku tetap terikat dgn garuda pala